Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran ROPES disertai Sepak Bola Verbal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Padang

Main Author: Arief, Setiawan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2624/4/10050319%20-%20ARIEF%20SETIAWAN%20%28Skripsi%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2624/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2624/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2624/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2624/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang masih rendah dan siswa tidak mau bertanya dan mengeluarkan pendapat serta siswa kurang bersemangat mengerjakan latihan yang diberikan guru sehingga mengakibatkan pembelajaran menjadi tidak aktif dan membosankan bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang dengan menerapkan model pembelajaran Ropes disertai sepak bola verbal lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih adalah VIII1 sebagai kelas eksperimen dan VIII2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir. Bentuk tes akhir adalah esai dengan reliabilitas tes adalah r11 = 0,95. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai ttabel = 1,67 dan thitung = 2,33. Hipotesis diterima karena thitung > ttabel, sehingga hipotesis yang diajukan diterima dengan taraf nyata a= 0,05 . Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang mengalami peningkatan dengan menerapkan model pembelajaran Ropes disertai sepak bola verbal, dan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Ropes disertai sepak bola verbal lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang .