Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Pemahaman konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 31 Padang

Main Author: Tunggala, Armando
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2623/4/10050309%20TUNGGALA%20ARMANDO%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2623/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2623/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2623/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2623/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi karena dalam pembelajaran matematika pemahaman konsep siswa masih rendah. Mengatasi hal tersebut digunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray lebih baik dari pada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 31. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan Rancangan penelitian yang digunakan adalah Random Terhadap Subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 31 Padang Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari delapan kelas. Sampel diambil setelah dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata. Sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII7 dan kelas kontrol adalah kelas VIII8 Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir berbentuk essay. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji t Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 2,18 dan ttabel=1,69, dengan α=0,05, karena thitung > ttabel , maka hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray lebih baik dari pada penerapan pembelajaran konvensional pada pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMPN 31.