Daftar Isi:
  • Penelitian dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah, siswa kurang berani untuk bertanya dan mengeluarkan gagasan atau pendapat yang mereka miliki dalam proses pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe kelompok belajar lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 25 Padang, tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian adalah eksperimen, dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 25 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016/2017. Kelas sampel terpilih yaitu kelas VIII3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep matematis. Bentuk tes yang digunakan adalah esai dengan r11 = 0,87. Tehnik analisis data yang digunakan adalah uji Mann-Whitney. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, diketahui bahwa salah satu kelas sampel tidak berdistribusi normal. Dari uji hipotesis diperoleh Zhitung= -2,75 dan Ztabel = -1,96 karena Zhitung <Ztabel maka hipotesis dalam penelitian ini diterima dengan taraf kepercayaan 95%. Jadi disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran aktif tipe kelompok belajar lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan pembelajaran konvensial.