Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe Jigsaw Disertai Lembar Diskusi Siswa (LDS) Terhadap Hasil Belajar Kelas X SMAN 4 Sijunjung
Main Author: | Fitria, Eka Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2619/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2619/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2619/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2619/4/12010041%20-%20FITRIA%20EKA%20SARI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2619/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya bahan ajar dalam pembelajaran IPA-Biologi di SMAN 4 Sijunjung, proses pembelajaran hanya terpusat pada guru sehingga siswa tidak aktif dan siswa kesulitan belajar secara mandiri sehingga menyebabkan rendahnya nilai rata-rata IPA-Biologi siswa. Rendahnya hasil belajar menuntut guru untuk memilih metode, model, strategi, serta bahan ajar yang tepat, diantaranya dengan memberikan bahan ajar LDS lalu mengerjakan tugas-tugas yang ada dalam LDS secara individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran tipe Jigsaw disertai lembar diskusi siswa (LDS) terhadap hasil belajar pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor siswa kelas X SMAN 4 sijunjung. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Postest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 4 Sijunjung yang terdaftar di semester I tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling dengan cara pengundian. Hasil ini didapatkan kelas eksperimen X4 dan kontrol yaitu X3. Instrumen yang digunakan dalam ranah afektif adalah lembar obervasi sikap, untuk ranah kognitif berupa lembar tes tertulis berupa objektif, untuk ranah psikomotor berupa lembar observasi LDS . Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian pada ranah afektif, kognitif dan psikomotor. Berdasarkan hasil analisis data pada taraf kepercayaan 0,95% (α = 0,05) didapatkan hasil untuk ranah afektif adalah thitung 0,06. demikian,, thitung < ttabel maka hipotesis ditolak. Sedangkan pada ranah kognitif hasil analisis data pada taraf kepercayaan 0,95% (α = 0,05) didapatkan thitung 4,21 dan ttabel 1,69. Dengan demikian thitung > ttabel maka hipotesis diterima. Sedangkan pada ranah psikomotor analisis kepercayaan 0,95% (α = 0,05) didapatkan hasil thitung 1,12. Dengan demikian,, thitung < ttabel maka hipotesis ditolak. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe Jigsaw disertai lembar diskusi siswa (LDS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan tidak dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah afektif dan psikomotor siswa kelas X SMAN 4 Sijunjung.