Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu dalam proses pembelajaran masih terpusat pada guru, kurangnya minat siswa dalam belajar biologi, siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, kurangnya keberanian siswa dalam mengeluarkan ide dan pendapat. Masalah ini berdampak pada rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP N 12 Sijunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar biologi siswa di kelas VIII SMP N 12 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 12 Sijunjung yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh sampel yaitu kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen dan VIII 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk soal objektif. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf 0,05. Hasil analisis data diperoleh dari ranah kognitif pada kelas eksperimen 68,21 dan pada kelas kontrol 57,09 dengan harga thitung 1,85 sedangkan ttabel 1,68. Hal ini berarti bahwa thitung > ttabel dengan demikian hipotesis diterima. Berdasarkan hasil analisis. Penilaian ranah afektif pada kelas eksperimen dengan predikat 3,29 (B+) sedangkan pada kelas kontrol berada pada predikat 2,86 (C). Penilaian ranah psikomotor kelas eksperimen dengan predikat 3,54 (A-) dan pada kelas kontrol predikat 3,05 (B). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Tipe Group Investigation (GI) Disertai Media Gambar dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP N I2 Sijunjung Tahun Pelajaran 2016/2017.