Penerapan Model Pembelajarn Think Pair Share Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VIII SMP N 4 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman
Main Author: | Nurmasari, Tambunan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2615/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2615/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2615/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2615/4/12010001%20SKRIPSI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2615/ |
Daftar Isi:
- Rendahnya hasil belajar IPA biologi siswa kelas VIII SMPN 4 Batang Anai dipengaruhi oleh beberapa faktor, dari hasil observasi didapat faktor-faktor seperti siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, hanya beberapa siswa yang memiliki buku sumber, kurang bervariasinya model maupun metode pembelajaran yang digunakan oleh guru, serta kurang termotivasinya siswa dalam belajar. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa masih rendah yaitu masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut penulis menerapkan model Think Pair Share disertai media gambar. Penelitian ini untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMPN 4 Batang Anai dengan penerapan model Think Pair Share disertai media gambar. Penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian Randomised Control Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 4 Batang Anai yang terdaftar pada semester I tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol diambil secara random dan terpilih VIII2 kelas eksperimen dan VIII1 kelas kontol. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk soal objektif. Pada ranah afektif menggunakan rubrik penilaian dan nilai dilihat dari rata-rata modus. Pada ranah psikomotor menggunakan rubrik penilaian dan nilai dilihat dari capaian optimum. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf nyata α 0,05. Hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata nilai kognitif kelas eksperimen 74,67 dan kelas kontrol 70,28. Hasil uji hipotesis dengan uji-t didapatkan harga thitung = 1,39 dan ttabel = 1,67 maka tidak terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Think Pair Share disertai media gambar terhadap hasil belajar IPA biologi siswa kelas VIII SMPN 4 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Pada ranah afektif diperoleh rata-rata modus keseluruhan untuk kelas eksperimen 3,15 (B) dan kelas kontrol 3,03 (B). Pada ranah psikomotor rata-rata capain optimun kelas eksperimen 3,27 (B+) dan kelas kontrol 3,19 (B+). Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Think Pair Share disertai media gambar tidak berpengaruh nyata terhadap hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Pada ranah afektif dan psikomotor kelas eksperimen dan kelas kontrol memperoleh hasil belajar yang baik.