Profil Komunikasi Interpersonal Peserta Didik yang Berasal dari Keluarga Single Parent di Kelas X1 SMA N 2 Lubuk Basung Kabupaten Agam

Main Author: Onky, Pratama
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2605/4/12060107%20Onky%20Pratama%20%28Skripsi%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2605/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2605/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2605/2/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2605/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang kurang sopan dalam berkomunikasi kepada orang tua, temannya dan guru di sekolah. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) Komunikasi interpersonal peserta didik yang berasal dari keluarga single parent dilihat dari sikap percaya. (2) Komunikasi interpersonal peserta didik yang berasal dari keluarga single parent dilihat dari sikap supportif, (3) Komunikasi interpersonal peserta didik yang berasal dari keluarga single parent dilihat dari sikap terbuka. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah informan kunci yaitu 2 orang peserta didik dan kemudian informan tambahannya adalah 3 orang yaitu teman sebaya, guru BK dan guru mata pelajaran. Instrumen yang peneliti gunakan adalah wawancara dan teknik yang digunakan dalam pengolahan data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Komunikasi interpersonal peserta didik yang berasal dari keluarga single parent dilihat dari sikap percaya yaitu adanya peserta didik yang sering membohongi orang tuanya dan guru di sekolah. (2) Komunikasi interpersonal peserta didik yang berasal dari keluarga single parent dilihat dari sikap supportif yaitu adanya peserta didik yang berprasangka buruk kepada guru ketika belajar. (3) Komunikasi interpersonal peserta didik yang berasal dari keluarga single parent dilihat dari sikap terbuka yaitu adanya peserta didik yang ragu-ragu menjawab pertanyaan dari guru dalam belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat direkomendasikan bahwa peran orang tua dalam mendidik anak sangat diperlukan untuk itu diharapkan kepada orang tua agar mampu menjaga anaknya dengan baik dan komunikasi antara orang tua dan anak berjalan lancar.