Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya rata-rata hasil belajar biologi siswa kelas XI SMAN 1 Koto XI Tarusan. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran karena pembelajaran masih berpusat pada guru. Pada saat guru menerapkan metode diskusi kelompok, tidak semua siswa yang ikut berdiskusi di dalam kelompoknya, siswa cendrung untuk bermain-main, dan sebagian siswa kurang bersungguh-sungguh dalam proses pembelajaran. Salah satu alternatifnya adalah dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation disertai media gambar. Penelitain ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) disertai media gambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMAN 1 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan Randomized Control-Group Postest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016/2017. Metode penarikan sampel dengan teknik purposive sampling. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan cara pengundian sehingga diperoleh kelas eksperimen yaitu kelas XI IPA 1 dan kelas kontrol yaitu kelas XI IPA 3. Instrumen yang digunakan pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Teknik analisis data ranah kognitif menggunakan uji-t dengan taraf korelasi kepercayaan 95% (α = 0,05). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil tes belajar biologi siswa pada ranah kognitif yaitu nilai rerata kelas eksperimen adalah 2,81 (B) dan nilai rerata kelas kontrol adalah 2,60 (B). Hasil analisis uji hipotesis diperoleh thitung (1,70) > ttabel (1,64) yang berarti hipotesis dalam penelitian ini diterima. Pada ranah afektif diperoleh nilai sikap dari rata-rata modus kelas eksperimen yaitu B (3.02) dan kelas kontrol B (3,00), sedangkan pada ranah psikomotor diperoleh nilai keterampilan dari capaian optimum kelas eksperimen A (3,56) dan kelas kontrol A (3,77). Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Group investigation (GI) disertai media gambar dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMAN 1 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan pada materi Sistem Gerak Pada Manusia tahun pelajaran 2016/2017.