Kendala Guru BK dalam Pelaksanaan Layanan Informasi tentang Bidang Pengembangan Karir di Kelas IX SMP Negeri 2 Kecamatan Dua Koto Kabupaten Pasaman
Main Author: | Meisul, Fitri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Lainnya |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2584/4/10060208%20-%20MEISUL%20FITRI%20%28Skripsi%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2584/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2584/2/Kesimpulan.dot http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2584/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2584/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kesulitan yang dialami oleh Guru BK dalam melaksanakan layanan informasi tentang pengembangan karir. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang: Kendala Guru BK dalam pelaksanaan layanan informasi tentang bidang pengembangan karir, 1) ditinjau dari perencanaan, 2) ditinjau dari pelaksanaan, 3) ditinjau dari penilaian atau evaluasi, 4) ditinjau dari tindak lanjut dan laporan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun yang menjadi informan penelitian berjumlah 3 orang, yaitu 1 orang Guru BK dan 2 orang wali kelas yang menjadi. Instrumen yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, teknik yang digunakan dalam pengolahan data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mendeskripsikan tentang, Kendala Guru BK dalam pelaksanaan layanan informasi tentang bidang pengembangan karir, 1) ditinjau dari perencanaan adalah: kesulitan dalam menentukan materi yang akan diberikan kepada peserta didik yang dikarenakan kebutuhan peserta yang berbeda-beda dalam suatu kelas, 2) ditinjau dari pelaksanaan adalah: Guru BK memberikan materi dengan menggunakan metode yang tidak bervariasi, 3) ditinjau dari penilaian atau evaluasi, adalah: Guru BK hanya sesekali melakukan evaluasi dan penilaian setelah melaksanakan memberikan layanan karena kendala waktu yang terbatas, 4) ditinjau dari tindak lanjut dan laporan, adalah: kendala yang dihadapi Guru BK adalah kurangnya kerjasama antara Guru BK dan personil sekolah lainnya yang dikarenakan kurang pedulinya personil sekolah mengenai kegiatan tindak lanjut dalam bimbingan konseling. Penelitian ini dapat direkomendasikan kepada Guru BK kepala Sekolah Guru Mata pelajaran dan wali kelas demi kelancaran pelaksanaan layanan informasi tentang bidang pengembangan karir di sekolah.