Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick tehadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI.IPA SMA N 1 Siberut Tengah
Main Author: | Nia, Pusvita Dewi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/258/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/258/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/258/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/258/4/13110023%20NIA%20PUSPITA%20DEWI%20ok%20Flip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/258/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Fisika siswa kelas XI di SMA N 1 Siberut Tengah. Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya siswa banyak yang diam saat proses pembelajaran berlangsung, kurangnya percaya diri serta malasnya siswa bertanya langsung kepada guru tentang materi yang tidak dimengerti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Talking Stick terhadap hasil belajar Fisika siswa kelas XI.IPA di SMA N 1 Siberut Tengah. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan metode Talking Stick terhadap hasil belajar Fisika siswa kelas XI.IPA di SMA N 1 Siberut Tengah. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment. Pengambilan sampel dilakukan secara Randomized Control Group Posttest Only Design. Data hasil belajar Fisika dilihat dalam 2 ranah, yaitu ranah kognitif dan afektif. Pada ranah kognitif pengambilan data menggunakan soal uraian sebanyak 6 butir soal, dan ranah afektif menggunakan lembar observasi. Hasil belajar siswa pada ranah kognitif diperoleh nilai rata-rata siswa kelas eksperimen 74 dan kelas kontrol 63. Selanjutnya dengan analisis uji Mann Whitney. Zhitung= 2,99 lebih besar dari Ztabel= 0,99 pada taraf nyata 0,05, dengan demikian hipotesis alternatif pertama diterima. Pada ranah afektif rata-rata persentasi aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, yaitu pada kelas eksperimen 42 dan kelas kontrol 7 dengan kriteria kurang. Jadi penggunaan metode Talking Stick berpengaruh terhadap hasil belajar Fisika siswa kelas XI.IPA di SMA N 1 Siberut Tengah.