Pengaruh Media Pembelajaran, Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Mata Pelajaran EKONOMI di SMA N 1 Lubuk Basung
Main Author: | RIA, OKTARI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2531/4/SKRIPSI%20RIA%20OKTARI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2531/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2531/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2531/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2531/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) pengaruh media pembelajaran secara parsial terhadap motivasi belajar, 2) pengaruh disiplin belajar secara parsial terhadap motivasi belajar, 3) pengaruh lingkungan keluarga secara parsial terhadap motivasi belajar, 4) pengaruh media pembelajaran, disiplin belajar dan lingkungan keluarga secara bersama-sama terhadap motivasi belajar di SMA N 1 Lubuk Basung. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini siswa SMA N 1 Lubuk Basung sebanyak 98 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran, disiplin belajar dan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar di SMA N 1 Lubuk Basung dengan menggunakan uji t dan uji F. Hasil analisis data menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran terhadap motivasi belajar, nilai thitung 9.305>ttabel 1,985 (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar terhadap motivasi belajar, dengan thitung 4.477>ttabel 1,985 (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar, thitung 8.093>ttabel 1,985 (4) terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran, disiplin belajar dan lingkungan keluarga dengan F hitung 75.793 > Ftabel 3,08. Besarnya media pembelajaran, disiplin belajar dan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar yaitu 70.8% dan sisanya 29.2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Disarankan kepada guru bidang studi untuk dapat menyediakan media pembelajaran yang bervariasi dan beragam, sehingga media tersebut mampu menarik perhatian siswa dan menjadi motivasi bagi siswa untuk mengikuti mata pelajaran tersebut sehingga pelajaran tersebut mudah diingat dan kepada pihak sekolah untuk memberikan bantuan atau bea siswa kepada siswa yang orang tua nya tergolong kurang mampu dan juga kepada siswa yang berprestasi, sehingga faktor ekonomi bukan lagi faktor yang menyebabkan mereka untuk malas belajar justru beasiswa yang disediakan sekolah menjadi motivasi bagi siswa untuk belajar lebih giat lagi.