Pengaruh Dimensi Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 2 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar
Main Author: | Jumar, Eti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2528/4/SKRIPSI%20JUMAR%20ETI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2528/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2528/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2528/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2528/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dimensi kompetensi guru terhadap kinerja guru SMA Negeri 2 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMA Negeri 2 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar yang berjumlah 50 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling sehingga jumlah sampel juga sebanyak 50 orang. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis uji t parsial dan uji F simultan. Hasil analisa data menunjukkan bahwa (1) kompetensi kepribadian guru berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SMA Negeri 2 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang menyatakan bahwa nilai thitung sebesar (2,180) signifikan secara statistik karena signifikansi (0,035) lebih kecil dari alpha (0,05); (2) kompetensi pedagogik guru berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SMA Negeri 2 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang menyatakan bahwa nilai thitung sebesar (2,269) signifikan secara statistik karena signifikansi (0,028) lebih kecil dari alpha (0,05); (3) kompetensi profesional guru berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SMA Negeri 2 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang menyatakan bahwa nilai thitung sebesar (2,608) signifikan secara statistik karena signifikansi (0,012) lebih kecil dari alpha (0,05); (4) kompetensi sosial guru berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SMA Negeri 2 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang menyatakan bahwa nilai thitung sebesar (2,574) signifikan secara statistik karena signifikansi (0,013) lebih kecil dari alpha (0,05); (5) Dimensi kompetensi guru secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SMA Negeri 2 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang menyatakan bahwa nilai Fhitung sebesar (69,629) signifikan secara statistik karena signifikansi (0,000) lebih kecil dari alpha (0,05), sehingga Hoditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis dapat disarankan untuk; (1) Guru-guru SMA Negeri 2 Lintau Buo membiasakan memberi tugas atau pekerjaan rumah bagi siswa setiap tatap muka secara terstruktur, agar siswa lebih giat belajar dirumah; (2) Guru SMA Negeri 2 Lintau Buo berusaha mempertahankan kualitas kompetensi yang sudah ada dan berusaha meningkatkan kompetensi yang dimiliki untuk menambah pengetahun guru yang dapat diberikan bagi siswa dan bermanfaat untuk peningkatan kulitas proses pembelajaran.