Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran TAI (Team Asisted Individualization) Disertai LDS Bergambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP N 2 Ampek Nagari Kabupaten Agam
Main Author: | Widiya, Rahmi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2521/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2521/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2521/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2521/4/12010225%20WIDIYA%20RAHMI%20Error.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2521/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya interaksi antara guru dan siswa dalam proses pebelajaran. Hal ini dapat dilihat dari kurangnya perhatian siswa dalam proses pembelajaran berlangsung, tanggung jawab siswa dalam mengerjakan latihan, pekerjaan rumah masih kurang dan kurangnya media yang digunakan. Berdampak pada rendahnya hasil belajar biologi siswa SMP N 2 Ampek Nagari, yaitu nilai rata-rata ulangan harian Biologi siswa pada materi Sistem Gerak pada Manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran TAI (Team Asisted Individualization) disertai LDS bergambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP N 2 Ampek Nagari Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Postest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Ampek Nagari Kabupaten Agam Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling sehingga terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII.6 dan kelas kontrol adalah kelas VIII.4. Instrumen penelitian yang digunakan pada penilaian pengetahuan adalah tes akhir hasil belajar berupa tes tertulis, dengan bentuk soal objektif dengan 41 butir soal. Penilaian sikap dan keterampilan berupa lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan uji-t , dengan kriteria thitung > ttabel. Berdasarkan analisis data pada pengetahuan, didapatkan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 75,20 dan siswa kelas kontrol 56,04. Analisis data yang digunakan dengan uji-t didapatkan thitung 4,62 dan ttabel 1,67, maka hipotesis pada penelitian ini dengan taraf kepercayaan 0,05% diterima. Sikap siswa kelas eksperimen berada pada predikat B+ (3,36) dan kelas kontrol berada pada predikat B (3,17). Keterampilan kelas eksperimen berada pada predikat B (3,15) dan kelas kontrol berada pada predikat B (3,13). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran TAI (Team Asisted Individualization) disertai LDS bergambar berpengaruh baik terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi sistem gerak pada manusia kelas VIII SMP N 2 Ampek Nagari Kabupaten Agam.