Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMA N 3 Lubuk Basung Kab. Agam, 2) Pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru di SMA N 3 Lubuk Basung Kab. Agam,3) Pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru di SMA N 3 Lubuk Basung Kab. Agam, 4) Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi guru dan disipli kerja secara bersama – sama terhadap kinerja guru di SMA N 3 Lubuk Basung Kab. Agam. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh guru di SMA N 3 Lubuk Basung sebanyak 44 orang guru. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah Cluster Sampling yaitu berjumlah 44 orang. Jenis data adalah data primer (yakni menyebarkan angket) dan data sekunder. Teknik analisis data adalah Analisis Regresi Berganda. Hasil penelitiaan ini menunjukan :1) Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh besar terhadap kinerja guru yang belum sertifikasi. Dimana ditunjukan nilai koefisien regresi variabel kepemimpinan kepala sekolah berdasarkan guru sertifikasi sebesar 0,615 dan nilai thitung sebesar 6,071> ttabel sebesar 2,019. sedangkan berdasarkan guru yang belum sertifikasi koefisien kepemimpinan kepala sekolah sebesar 0,630 dan nilai thitung sebesar 7,641> ttabel sebesar 2,019, 2) Kompetensi guru berpengaruh besar terhadap kinerja guru yang belum sertifikasi. Dimana ditunjukan Nilai koefisien regresi variabel kompetensi guru berdasarkan guru sertifikasi sebesar 0,379 dan nilai thitung sebesar 2,863> ttabel sebesar 2,019. sedangkan berdasarkan guru belum sertifikasi koefisien kompetensi guru sebesar 0,423 dan nilai thitung sebesar 4,299> ttabel sebesar 2,019,3) Disiplin kerja berpengaruh besar terhadap kinerja guru yang belum sertifikasi. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi variabel disiplin kerja berdasarakan guru sertifikasi sebesar 0,357 dan nilai thitung sebesar 1,181< ttabel sebesar 2,019, sedangkan guru belum sertifikasi koefisien disiplin kerja sebesar 0,331 dan nilai thitung sebesar 2,697> ttabel sebesar 2,019, 4) kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi guru dan disiplin kerja secara bersama – sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Dimana nilai Koefisien dengan sig 0,000 < 0,05 dengan nilai Fhitung sebesar 64,126 > dan FTabel (2,84), Besarnya pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi guru dan disiplin kerja terhadap kinerja guru yaitu 82,8% dan sisanya 17,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Untuk meningkatkan Kinerja guru di SMA N 3 Lubuk Basung maka disarankan kepala sekolah harus memberi bimbingan dan arahan kepada guru – guru sehingga guru di SMA N 3 Lubuk Basung Kabupaten Agam tersebut termotivasi untuk meningkatkan kompetensi dan kedisiplin dalam menjalankan tugasnya.