Pengaruh Penerapan Teka-Teki Silang dalam Pembelajaran Disecovery Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI MIPA SMAN 14 Padang
Main Author: | Yumila, Rahmini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/251/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/251/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/251/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/251/4/13110002%20YUMILA%20RAHMINI%20ok%20Flip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/251/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar Fisika siswa karena masih kurangnya minat belajar siswa saat proses pembelajaran. Siswa selalu beranggapan kalau Fisika itu sulit untuk dipahami. Untuk mengatasi masalah tersebut penulis melakukan pembelajaran dengan menerapkan teka-teki silang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan teka-teki silang dalam pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar Fisika siswa kelas XI MIPA di SMAN 14 Padang. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment. Pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling. Data hasil belajar Fisika dilihat dalam 3 ranah, yaitu ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Pada ranah kognitif pengambilan data menggunakan soal essay sebanyak 7 butir soal, pada ranah afektif menggunakan lembar observasi dengan melihat aktivitas siswa dan pada ranah psikomotor menggunakan lembar penilaian psikomotor siswa. Teknik analisis data hasil belajar yaitu dengan menggunakan uji t karena kedua kelas terdistribusi normal dan memiliki variansi yang homogen, setelah itu dilakukan perhitungan effect size untuk menentukan seberapa besar pengaruh yang diberikan. Hasil belajar fisika siswa pada ranah kognitif diperoleh, nilai rata-rata siswa kelas eksperimen 80,01 dan kelas kontrol 74,48. Pada ranah afektif rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, yaitu pada kelas eksperimen 84,54 predikat B dan kelas kontrol 76,38 predikat B. Sedangkan pada ranah psikomotor, hasil rata-rata siswa di kelas eksperimen 90,55 predikat A dan di kelas kontrol 84,95 predikat B. Berdasarkan dari perhitungan effect size diperoleh d sebesar 0,69, pada tabel interpretasi nilai 0,69 tergolong kedalam sedang. Hal ini berarti penerapan teka-teki silang dalam pembelajaran discovery learning memiliki pengaruh yang sedang untuk meningkatkan hasil belajar Fisika siswa kelas XI MIPA SMAN 14 Padang.