Pengaruh Faktor Sekolah, Perhatian Orang Tua dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X di SMA N 2 Ranah Pesisir
Main Author: | Lusiana, Lusiana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2509/3/11090295%20LUSIANA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2509/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2509/4/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2509/2/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2509/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertama pengaruh faktor sekolah terhadap disiplin belajar; kedua pengaruh perhatian orang tua terhadap disiplin belajar; ketiga Pengaruh faktor sekolah terhadap hasil belajar; keempat Pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar; kelima pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Ekonomi SMA Negeri 2 Ranah Pesisir. Sampel penelitian menggunakan teknik propotional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 84 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup. Uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1)analisis deskriptif, (2) uji asumsi klasik, (4) Analisis Jalur (Part Analysis), (5) Koefisien Determinasi dan (6) uji hipotesis. Hasil analisa data menunjukkan bahwa pertama Faktor sekolah berpengaruh terhadap disiplin belajar, dimana diperoleh nilai koefisien jalur sebesar 0,271. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung sebesar 5,599 > dan tTabel 0,05 (1,664). Artinya apabila Faktor Sekolah naik pada setiap satuanya, maka disiplin belajar akan naik sebesar 0,271 dalam setiap satu satuannya atau sebesar 27,1%; kedua perhatian orang tua terhadap disiplin belajar, diperoleh nilai koefisien jalur sebesar 0,269. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung sebesar 2,580 > dan tTabel 0,05 (1,664) artinya apabila perhatian orang tua naik pada setiap satuanya, maka disiplin belajar akan naik sebesar 0,269 dalam setiap satu satuannya atau sebesar 26,9%; ketiga faktor sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar, dimana diperoleh nilai koefisien jalur sebesar sebesar 0,739. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung sebesar 12,738 > dan tTabel 0,05 (1,664). Artinya faktor sekolah naik pada setiap satuanya, maka Hasil Belajar akan naik sebesar 0,739 dalam setiap satu satuannya atau sebesar 73,9%; keempat Perhatian orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar, dimana diperoleh nilai koefisien jalur sebesar 0,127. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung sebesar 2,187 > dan tTabel 0,05 (1,664). Artinya apabila Perhatian Orang Tua naik pada setiap satuanya, maka hasil belajar akan naik sebesar 0,127 dalam setiap satu satuannya atau sebesar 12,7%; kelima Disiplin belajar berpengaruh terhadap hasil belajar, dimana diperoleh koefisien jalur sebesar 0,292. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung sebesar 4,909 > dan tTabel 0,05 (1,664). Artinya apabila Disiplin Belajar naik pada setiap satuanya, maka hasil belajar akan naik sebesar 0,292 dalam setiap satu satuannya atau sebesar 29,2%. Kata Kunci : Faktor Sekolah, Perhatian Orang Tua, Disiplin Belajar dan Hasil Belajar.