Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 5 Padang
Main Author: | Wulandari, Wulandari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2508/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2508/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2508/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2508/4/12010156%20WULANDARI%20Error.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2508/ |
Daftar Isi:
- Hasil belajar IPA biologi siswa kelas VIII tahun 2015/2016 masih ada yang di bawah KKM, KKM yang ditetapkan yaitu 79. Salah satu materi yang nilainya di bawah KKM adalah Sistem Peredaran Darah. Strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk membantu siswa memahami pelajaran adalah metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas. Sebelumnya guru telah menerapkan metode diskusi kelompok yang menuntut keaktifan siswa, namun kurang berjalan dengan baik. Kendala pada saat proses pembelajaran kelompok berlangsung hanya beberapa siswa saja yang mengerjakan tugas kelompoknya, sehingga menyebabkan proses pembelajaran hanya terpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation disertai Media Gambar terhadap hasil belajar Biologi siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Padang Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, menggunakan rancangan Randomized Control-Group Posttest Only Dessign. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Padang Tahun Pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik Pusposive Sampling sehingga diperoleh kelas VIII.7 sebagai kelas eksperimen dan VIII.9 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembaran soal tes hasil belajar untuk ranah kognitif dan lembar observasi untuk ranah afektif dan psikomotor. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis hasil tes akhir diperoleh perbedaan rata-rata hasil belajar Biologi siswa pada kedua kelas sampel. Nilai rata-rata siswa kelas eksperimen (59,94) dan kelas kontrol (53,05). Hasil uji-t didapatkan thitung = 1,83 dan ttabel = 1,67 maka hipotesis diterima. Penilaian afektif selama proses pembelajaran berlangsung terdapat dua indikator yang diamati. Hal ini terlihat dari kelas eksperimen, indikator menghargai pendapat teman yaitu 3,61, sedangkan pada kelas kontrol 3,06, indikator bertangung jawab 3,47 sedangkan kelas kontrol 3,37. Ranah psikomotor dua indikator yang diamati pada kelas eksperimen, kelengkapan laporan 3,52, dan pada indikator kerapian, kerapian tulisan 3,57. Pada kelas kontrol indikator kelengkapan resume 2,09, dan kerapian tulisan 2,77. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) disertai Media Gambar pada ranah afektif belum dapat meningkatkan hasil belajar siswa, pada ranah kognitif dan psikomotor dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 5 Padang pada materi sistem peredaran darah tahun pelajaran 2016/2017.