Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VIII Di MTs Limau Manis Padang
Main Author: | Rizka, Oktaviani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2506/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2506/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2506/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2506/4/12010024%20RIZKA%20OKTAVIANI%20Error.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2506/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran masih berlangsung satu arah, kurangnya kemauan belajar siswa, guru belum terbiasa dalam menerapkan pendekatan saintifik, pembagian kelompok yang yang dilakukan oleh guru berdasarkan tempat duduk bukan berdasarkan nilai, kerjasama dan tanggung jawab siswa dalam kelompok masih kurang serta media pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang bervariasi. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut penulis menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) diserta media gambar. Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) disertai media gambar terhadap hasil belajar ipa biologi siswa di MTs Limau Manis Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, menggunakan rancangan “Randomized Control Group Posttest Only Design“. Populasi penelitian ini adalah adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Limau Manis Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan pada ranah kognitif adalah tes tertulis berupa soal pilihan ganda sebanyak 45 butir soal. Ranah afektif berupa lembar observasi yang bertujuan untuk melihat sikap siswa selama proses pembelajaran. Ranah psikomotor dapat dilihat pada hasil laporan diskusi siswa. Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan menggunakan uji- t dengan kriteria thitung > ttabel. Hasil analisis data diperoleh pada ranah afektif pada kelas eksperimen dengan capaian modus 3,06 dengan predikat B sedangkan untuk kelas kontrol dengan capaian modus 2,50 dengan predikat C. Hasil analisis data pada ranah kognitif pada kelas eksperimen 73,82 skor rerata nilai kelas eksperimen setelah dikonversi yaitu 2,95 dengan predikat B dan kelas kontrol 62,41 skor rerata kelas kontrol setelah dikonversi 2,50 dengan predikat C+. Pada ranah psikomotor yang ditunjukkan pada kelas eksperimen rata-rata 3,44 dengan predikat B+. untuk kelas kontrol rata-rata 3,19 dengan predikat B+. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) disertai media gambar dapat meningkatkan hasil belajar ipa biologi siswa kelas VIII MTs Limau Manis Padang.