Daftar Isi:
  • Salah satu aktifitas yang dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mempelajari bahasa inggris adalah motivasi. Di dalam memotivasi ini, keterlibatan orang tua sangat penting dalam pelajaran bahasa Inggris anak. Namun orang tua memiliki peran penting untuk memotivasi anak untuk belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keterlibatan orang tua dalam memotivasi anak dalam belajar di SMA Negeri 2 Lubuk Basung. Penelitian ini adalah sebuah penelitian study kasus (case study). Partisipan di dalam penelitian ini adalah orang tua kelas XI yang di pilih berdasarkan angket yang telah di berikan kepada siswa kelas XI dengan menggunakan teknik purposive sampling dimana ada 2 kelas yang di berikan angket. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan wawancara semi structure secara individual terhadap 6 orang tua siswa. Sesuai dengan indikator yang di pakai yaitu facilitating, time management, monitoring, dan guiding. Di dalam peran orang tua memfasilitasi peneliti menemukan beberapa orang tua yang memfasilitasi anaknya tetapi tidak memberikan motivasi atau pun kurangnya perhatian orang tua dan ada juga yang mau belajar dengan fasilitas yang ada.Di time management, ada beberapa orang tua yang tidak mengatur waktu belajar anak dan ada yang mengaturnya. Di monitoring, peneliti menemukan ada beberapa orang tua yang mengawasi anak belajar dan ada juga tidak. Selanjutnya, guiding juga ada yang membimbing anak ada juga yang tidak.