Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Di Sertai Teka-Teki Silang Dalam Pembelajaran Biologi Pada Kelas X SMAN 1 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2017
Main Author: | Trisna, Levia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2494/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2494/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2494/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2494/4/11010086%20TRISNA%20LEVIA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2494/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya rata-rata ulangan harian biologi siswa kelas X SMAN 1 Batang Kapas. Rendahnya hasil belajar disebabkan oleh beberapa faktor proses pembelajaran cenderung berlangsung satu arah, guru belum pernah menggunakan model pembelajaran sehingga menyebabkan siswa belum termotivasi dalam proses pembelajaran,serta masih banyak siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model STAD terhadap hasil biologi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan randomized control group posttes only design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Batang Kapas pada tahun 2016/2017. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel kelas eksperimen adalah kelas X3 dan kelas kontrol X6. Instrumen yang digunakan adalah tes ahkir hasil belajar dalam bentuk tes objektif sebanyak 71 butir soal. Berdasarkan penelitian didapatkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 33,72 dan kelas kontrol 39,61, setelah dilakukan uji hipotesis didapatkan hasil ttabel= 2,0004 dan thitung=-1,96, dimana thitung < ttabel . Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 1 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan.