Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar IPA Fisika siswa kelas VIII SMP N 3 Koto XI Tarusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model think paire share dalam pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar IPA Fisika siswa kelas VIII SMP N 3 Koto XI Tarusan. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan model think paire share dalam pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar IPA Fisika siswa kelas VIII SMP N 3 Koto XI Tarusan. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimen. Pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling. Data hasil belajar IPA Fisika dilihat dalam 2 ranah, yaitu ranah kognitif dan afektif. Pada ranah kognitif pengambilan data menggunakan soal uraian sebanyak 7 butir soal, pada ranah afektif menggunakan lembar observasi. Hasil belajar pada ranah kognitif diperoleh, nilai rata-rata siswa kelas eksperimen 73,64 dan kelas kontrol 59,95. Selanjutnya dengan analisis uji t = 3,158 lebih besar dari = 1,667 pada taraf nyata 0,05, dengan demikian hipotesis diterima. Pada ranah afektif rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, yaitu pada kelas eksperimen 82,11 dan kelas kontrol 79,33. Jadi model think paire share dalam pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII di SMP N 3 Koto XI Tarusan.