Daftar Isi:
  • Media merupakan sumber belajar yang dapat membantu siswa memahami materi tertentu, dapat menjelaskan yang kecil dan memperkecil yang besar. Keterbatasan media yang digunakan dalam proses pembelajaran dapat mengurangkan minat, motivasi serta menimbulkan kurangnya interaksi siswa dengan guru. Hal ini terjadi di SMP Negeri 7 Padang dengan keterbatasan media yang digunkan, maka dilakukan penelitian pengembangan media. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media kartu bergambar pada materi klasifikasi makhluk hidup dalam mata pelajaran Biologi untuk SMP kelas VII yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (Research and Development), Metode yang digunakan dengan model 4-D define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran), penelitian ini tahap disseminate (penyebaran) tidak dilakukan. Instrumen penilaian dengan menggunakan angket validitas yang didapatkan dari 3 orang validator 2 orang dosen dan 1 orang guru IPA dan angket praktikalitas didapatkan dari 3 orang guru IPA dan 30 orang siswa. Teknik analisis data dengan persentase dan diolah secara deskriptif . Hasil penelitian yang dilakukan nilai rata-rata dari hasil angket validitas yang didapatkan dari validator media kartu bergambar sebebesar 81% dengan kriteria penilaian sangat valid dan hasil dari praktikalitas dari guru nilai rata-rata penilaian media kartu bergambar sebesar 95% dengan kriteria penilaian sangat praktis, sedangkan dari siswa mendapatkan persentase nilai rata-rata 93,83% dengan kriteria penilaian sangat praktis. Pengembangan media kartu bergambar pada materi klasifikasi makhluk hidup dalam mata pelajaran Biologi untuk SMP kelas VII sangat valid dan sangat praktis.