Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh disiplin kerja terhadap kepuasan kerja guru di SMAN 16 Padang. 2) pengaruh disiplin kerja guru terhadap motivasi kerja guru di SMAN 16 Padang. 3) pengaruh kepuasan kerja guru terhadap motivasi kerja guru di SMAN 16 Padang. 4) pengaruh disiplin kerja guru terhadap kinerja guru di SMAN 16 Padang. 5) pengaruh kepuasan kerja guru terhadap kinerja guru di SMAN 16 Padang. 6) pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru di SMAN 16 Padang. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan desember 2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMA Negeri 16 Padang. Sampel berjumlah 64 orang dengan teknik pengambilan total sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis induktif dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja guru di SMA Negeri 16 Padang, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,608 dan thitung 6,025 > ttabel 2,00. Kedua disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja guru di SMA Negeri 16 Padang, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,241 dan thitung 2,384 > ttabel 2,00. Ketiga kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja guru di SMA Negeri 16 Padang, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,610 dan thitung 6,047 > ttabel 2,00. Keempat disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di SMA Negeri 16 Padang, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,152 dan thitung 2,690 > ttabel 2,00. Kelima kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di SMA Negeri 16 Padang, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,246 dan thitung 3,610 > ttabel 2,00. Keenam motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di SMA Negeri 16 Padang, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,637 dan thitung 9,312 > ttabel 2,00. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis menyarankan, Pertama disarankan kepada guru hendaknya lebih disiplin dalam bekerja agar memperoleh prestasi yang maksimal dan dapat diakui kinerjanya. Karena disiplin yang baik menjadi penentu dari kinerja seseorang. Kedua disarankan kepada guru hendaknya harus lebih meningkatkan kepuasan kerja untuk mencapai kinerja guru yang lebih baik seperti lebih memperhatikan kondisi kerja dan rekan kerja. Ketiga disarankan kepada guru hendaknya lebih termotivasi untuk mencapai prestasi yang maksimal agar dapat diakui kinerjanya. Sehingga kinerja guru dapat berjalan dengan baik.