Hambatan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Terisolir di SMA Negeri 3 Pariaman
Main Author: | Devi Nela, Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2489/2/13060105%20DEVI%20NELA%20SARI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2489/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2489/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2489/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2489/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya hambatan yang dialami oleh peserta didik terisolir dalam berkomunikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: 1) Hambatan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Terisolir Dilihat dari Aspek Fisik, Psikologis, dan Semantik, 2) Hambatan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Terisolir Dilihat dari Aspek Konsep Diri, 3) Hambatan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Terisolir Dilihat dari Aspek Hubungan Interpersonal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode wawancara dengan informan kunci berjumlah 2 orang peserta didik terisolir dan 5 orang informan tambahan yang terdiri dari 1 orang Guru BK, 2 orang Wali Kelas dan 2 orang peserta didik di SMA Negeri 3 Pariaman. Keakuratan data dapat diuji dengan menggunakan triangulasi data, dari data yang terkumpul dianalisis dengan model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) hambatan pada aspek fisik, psikologis, dan semantik yang dialami oleh peserta didik terisolir yaitu kerusakan salah satu fungsi alat indra, sikap ragu-ragu dalam mengeluarkan pendapat, prasangka yang berlebihan dan kemampuan berbahasa yang kurang baik. 2) hambatan pada aspek konsep diri yaitu kurang percaya diri dalam berkomunikasi, menganggap dirinya tidak mampu berkomunikasi dengan lancar dan terlalu selektif dalam memilih lawan bicara. 3) hambatan pada aspek hubungan interpersonal yaitu kurang mampu menerima kelemahan diri, kurang mampu bersikap jujur dan membuka diri terhadap orang lain serta sikap tidak terbuka dalam menerima bantuan atau masukan dari orang lain. Hasil penelitian ini direkomendasikan kepada peserta didik agar mampu meningkatkan komunikasi interpersonal dengan baik dan juga untuk Guru BK agar dapat membantu peserta didik dalam mengembangkan dan meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi.