Pengaruh Konformitas Teman Sebaya, Kepercayaan Diri, Minat Belajar, Dan Disiplin Belajar Terhadap Perilaku Menyontek Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 3 Batang Anai
Main Author: | Liza, Mardian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2480/4/13090111%20LIZA%20MARDIAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2480/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2480/2/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2480/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2480/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh konformitas teman sebaya terhadap perilaku menyontek. Pengaruh kepercayaan diri terhadap perilaku menyontek. Pengaruh minat belajar terhadap perilaku menyontek. Pengaruh disiplin belajar terhadap perilaku menyontek. Dan pengaruh konformitas teman sebaya, kepercayaan diri, minat belajar, dan disiplin belajar secara simultan terhadap perilaku menyontek siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII IPS SMP Negeri 3 Batang Anai yang berjumlah 145 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup. Untuk menguji hipotesis digunakan teknik uji t dan uji F. Hasil analisa data menunjukkan bahwa 1. Konformitas teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap perilaku menyontek. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar -0.266. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung -3.695 < ttabel (1.97705). 2. kepercayaan diri siswa berpengaruh signifikan terhadap perilaku menyontek ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0.182. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 4.700 ttabel (1.97705). 3. Minat belajar berpengaruh signifikan terhadap perilaku menyontek ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,481. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 6.192 ttabel (1.97705). 4. Disiplin belajar berpengaruh signifikan terhadap perilaku menyontek ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0.308. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 10.579 ttabel (1.97705). 5. Konformitas teman sebaya, kepercayaan diri siswa, minat belajar, dan disiplin belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap perilaku menyontek dengan Fhitung 54.747 > dari Ftabel (2,43) dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Besarnya pengaruh Konformitas teman sebaya, kepercayaan diri siswa, minat belajar, dan disiplin belajar terhadap perilaku menyontek yaitu 61.0% dan sisanya 39% dipengaruhi oleh faktor- faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. erdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan kepada siswa, guru dan pihak sekolah untuk lebih memperhatikan lagi Konformitas teman sebaya, kepercayaan diri siswa, minat belajar, dan disiplin belajar dalam upaya untuk lebih menghindari sikap menyontek di kelas VIII IPS SMP Negeri 3 Batang Anai.