Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Sikap Belajar Siswa, Lingkungan Sekolah dan Kompetensi Kepribadian GuruTerhadap Disiplin Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa IPS SMA Negeri 2 Ranah Pesisir

Main Author: Putri Rahmadani, Utami
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2479/4/13090026%20PUTRI%20RAHMADANI%20UTAMI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2479/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2479/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2479/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2479/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh pola asuh orang tua terhadap disiplin belajar, 2) pengaruh sikap belajar siswa terhadap disiplin belajar, 3) pengaruh lingkungan sekolah terhadap disiplin belajar, 4) pengaruh Kompetensi kepribadian terhadap disiplin belajar 5) pengaruh pola asuh orang tua, sikap belajar siswa, lingkungan sekolah dan Kompetensi kepribadian guru secara bersama-sama mempengaruhi disiplin belajar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa Siswa SMA Negeri 2 Ranah Pesisir. Sampel dalam penelitian sebanyak 73 orang. Teknik penarikan sampelnya yaitu total sampling dan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif dengan regresi linear berganda menggunakan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama pola asuh orang tua pengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin belajar, dengan nilai koefisien sebesar 0,144. Nilai ini signifikan karena nilai thitung 2,847 > ttabel sebesar 1,99. Artinya apabila pola asuh orang tua meningkat sebesar satu satuan maka disiplin belajar akan meningkat sebesar 0,144 dalam setiap satuannya. Kedua sikap belajar siswa pengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin belajar, dengan nilai koefisien sebesar 0,109. Nilai ini signifikan karena nilai thitung sebesar thitung 2,072 > ttabel 1,99. Artinya, apabila sikap belajar siswa meningkat sebesar satu satuan maka disiplin belajar akan meningkat sebesar 0,109 dalam setiap satuannya. Ketiga lingkungan sekolah pengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin belajar, dengan nilai koefisien sebesar 0,054. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung, 2,173 > ttabel sebesar 1,99. Artinya, apabila lingkungan sekolah meningkat sebesar satu satuan maka disiplin belajar akan meningkat sebesar 0,054 dalam setiap satuannya. Keempat Kompetensi kepribadian guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin belajar, dengan nilai koefisien sebesar 0,122. Nilai ini signifikan karena nilai thitung. 3,922 > ttabel sebesar 1,99. Artinya, apabila lingkungan sekolah meningkat satu satuan maka disiplin belajar akan meningkat sebesar 0,122 dalam setiap satuannya. Kelima pola asuh orang tua, sikap belajar siswa, lingkungan sekolah dan Kompetensi kepribadian guru secara bersama-sama pengaruh signifikan terhadap disiplin belajar, Dimana diperoleh nilai Fhitung 28,532 > Ftabel 2,50. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan siswa harus disiplin saat jam pelajaran berlangsung, orang tua mengembangkan proses belajar anaknya, guru memiliki kreatif dalam proses belajar, guru harus memberikan materi yang mudah dipahami siswa agar tidak bosan belajar, dan guru memberi contoh yang lemah lembut kepada siswanya. Siswa juga memiliki cita-cita dan masa depan.