Pengaruh Efikasi Diri, Lingkungan Keluarga, Disiplin Belajar dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas XI SMKN 2 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya

Main Author: Riska Dwi, Afdilla
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2470/3/13090182%20RISKA%20DWI%20AFDILLA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2470/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2470/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2470/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2470/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan menganalisis: 1) pengaruh efikasi diri terhadap prestasi belajar siswa. 2) pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa. 3) pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa. 4) pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa. 5) pengaruh efikasi diri, lingkungan keluarga, disiplin belajar dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI di SMKN 2 Pulau Punjung. Sampel berjumlah 63 orang teknik penggunaan sampel pada penelitian ini adalah Total Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis induktif dengan bantuan program SPSS versi 16.0 dan Eviews versi 6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X1) sebesar 0,198. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 4,566 > ttabel sebesar 1,67. (2) lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X2) sebesar 0,123. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 3,411 > ttabel sebesar 1,67. (3) disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X3) sebesar 0,161. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 3,164 > ttabel sebesar 1,67. (4) fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X4) sebesar 0,219. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 3,590 > ttabel sebesar 1,67. (5) efikasi diri, lingkungan keluarga, disiplin belajar dan fasilitas belajar secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa dimana diperoleh nilai Fhitung 56,702 > Ftabel 2,53. Berdasarkan hasil penelitian penulis menyarankan, (1) kepada siswa agar lebih meningkatkan efikasi diri, harus berani untuk memilih aktivitas belajar yang sulit, menjadi lebih aktif di kelas, mencoba tugas-tugas baru walaupun dirasa sulit dilakukan. (2) kepada orang tua agar mendidik anak dengan baik dan memperhatikan cara belajar anak hal ini akan menjadikan anak bersungguh-sungguh dalam belajar sehingga prestasi belajar meningkat. (3) kepada siswa agar lebih disiplin dalam belajar. (4) kepada sekolah agar lebih memperhatikan fasilitas belajar siswa karena fasilitas yang lengkap akan membantu atau menunjang pencapaian prestasi belajar sedangkan kurangnya fasilitas belajar yang tersedia akan menghambat pencapaian prestasi belajar.