Pengaruh Fasilitas Belajar, Pemanfaatan Perpustakaan, Disiplin Belajar dan Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa IPS Terpadu Kelas VII SMP N 27 Padang

Main Author: Meli, Triani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2468/4/13090193%20meli%20triani.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2468/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2468/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2468/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2468/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pengaruh fasilitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VII SMP N 27 Padang, 2) Pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP N 27 Padang, 3) Pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP N 27 Padang , 4) Pengaruh kreativitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP N 27 Padang, 5) pengaruh fasilitas belajar, pemanfaatan perpustakaan, disiplin belajar dan kreativitas belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP N 27 Padang. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 27 Padang yang berjumlah sebanyak 239 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling dengan sampel sebesar 147 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama fasilitas belajar siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VII SMP N 27 Padang. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 1,496. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 3,861 > ttabel sebesar 1,97669. Artinya apabila fasilitas belajar siswa meningkat lebih baik, maka hasil belajar akan menigkat sebesar 1,496 dalam setiap satuannya. Kedua pemanfaatan perpustakaan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VII SMP N 27 Padang. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 1,989. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 5,538 > ttabel sebesar 1,97669. Artinya apabila pemanfaatan perpustakaan meningkat lebih baik, maka hasil belajar akan meningkat sebesar 1,989 dalam setiap satuannya. Ketiga disiplin belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VII SMP N 27 Padang. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,998. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 3,036 > ttabel sebesar 1,97669. Artinya apabila disiplin belajar meningkat lebih baik, maka hasil belajar akan menigkat sebesar 0,998 dalam setiap satuannya. Keempat kreativitas belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VII SMP N 27 Padang. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 2,128. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 6,398 > ttabel sebesar 1,97669. Artinya apabila kreativitas belajar meningkat lebih baik, maka hasil belajar akan menigkat sebesar 2,128 dalam setiap satuannya. Kelima fasilitas belajar, pemanfaatan perpustakaan, disiplin belajar dan kreativitas belajar secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP N 27 Padang. Dimana diperoleh nilai Fhitung 76,316 > Ftabel 2,43 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan kepada siswa, guru dan pihak sekolah untuk lebih memperhatikan lagi fasilitas belajar, pemanfaatan perpustakaan, disiplin belajar dan kreativitas belajar siswa dalam upaya untuk lebih meningkatkan lagi hasil belajar siswa IPS Terpadu di kelas VII SMP N 27 Padang.