Pengaruh Lingkungan Keluarga, Minat Belajar, Pendidikan Karakter dan Budaya Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman

Main Author: Ice Hari, Yanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2465/4/13090200%20ICE%20HARI%20YANTI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2465/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2465/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2465/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2465/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar. 2) pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar. 3) pengaruh pendidikan karakter terhadap hasil belajar. 4) pengaruh budaya sekolah terhadap hasil belajar. 5) pengaruh lingkungan keluarga, minat belajar, pendidikan karakter dan budaya sekolah terhadap hasil belajar. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII IPS Terpadu SMP Negeri 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Sampel berjumlah 174 teknik penggunaan sampel penelitian ini adalah proporsional random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis induktif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X1) sebesar 0,434. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 7,843 > ttabel sebesar 1,97. (2) minat belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X2) sebesar 0,243. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 6,534 > ttabel sebesar 1,97. (3) pendidikan karakter berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X3) sebesar 0,409. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 9,094 > ttabel sebesar 1,97. (4) budaya sekolah berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X4) sebesar 0,469. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 5,649 > ttabel sebesar 1,97. (5) lingkungan keluarga, minat belajar, pendidikan karakter dan budaya sekolah berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Dimana nilai Fhitung 173,194 > Ftabel 2,43 dengan nilai signifikan 0,000 < α = 0,05. Berdasarkan hasil maka penulis menyarankan kepada, (1) orang tua diharapkan mampu melaksanakan fungsi-fungsi keluarga dengan baik serta menciptakan suasana rumah atau iklim keluarga yang nyaman sehingga dapat tercipta lingkungan keluarga yang serasi, selaras dan kondusif. Karena terbukti bahwa lingkungan keluarga memiliki pengaruh terhadap hasil belajar yang diperoleh siswa. Suasana rumah yang baik akan memicu semangat siswa untuk belajar. (2) siswa harus mempunyai pemahaman mengenai minat belajar, yaitu dengan cara berusaha untuk menyenangi materi IPS Terpadu dan memperhatikan pada saat guru menjelaskan serta tidak cepat menyerah apabila menemukan kesulitan dalam belajar (3) guru agar membangun pendidikan yang berkarakter, serta cara mencapai hasil belajar yang optimal terhadap mata pelajaran IPS Terpadu dengan menjelaskan kepada siswa pelajaran tersebut bermanfaat bagi dirinya pada saat ini maupun pada saat mendatang (4) sekolah agar memiliki ketentuan dan aturan main tertentu dalam bentuk tata-tertib sekolah yang bertujuan untuk membatasi tingkah laku siswa dalam proses pembelajaran.