Pengaruh Interaksi Edukatif, Konsep Diri, Kemandirian Belajar dan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMAN 6 Padang
Main Author: | Rati, Fadila |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2464/4/13090207%20RATI%20FADILA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2464/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2464/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2464/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2464/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Interaksi Edukatif, Konsep Diri, Kemandirian Belajar dan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMAN 6 Padang Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif.Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 6 Padang yang berjumlah 129 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknikproposional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 97 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup, dengan metode analisis Regresi Linear Berganda. Hasil analisa data menunjukkan bahwa (1) interaksi edukatif berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 6 Padangdengan nilai koefisien regresi sebesar 0,305. Nilai ini signifikan karena nilai thitung(4,242)>ttabel(1,98609) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya jika disiplin belajar meningkat sebesar satu satuan maka prestasi belajar akan meningkat sebesar 0,305 satuan; (2)konsep diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 6 Padangdengan nilai koefisien regresi sebesar 0,274. Nilai ini signifikan karena nilai thitung(2,258)>ttabel(1,98609) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.Artinya jika konsep diri meningkat sebesar satu satuan maka prestasi belajar juga akan meningkat sebesar 0,274 satuan;(3)kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 6 Padangdengan nilai koefisien regresi sebesar 0,331. Nilai ini signifikan karena nilai thitung(2,536) >ttabel (1,98609) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.Artinya jika kemandirian belajar meningkat sebesar satu satuan maka prestasi belajar juga akan meningkat sebesar 0,331 satuan; (4)keterampilan mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 6 Padangdengan nilai koefisien regresi sebesar 0,191. Nilai ini signifikan karena nilai thitung(3,856) >ttabel (1,98609) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.Artinya jika keterampilan mengajar guru meningkat sebesar satu satuan maka prestasi belajar juga akan meningkat sebesar 0,191 satuan; (5) interaksi edukatif, konsep diri, kemandirian belajar dan keterampilan mengajar guru secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 6 PadangkarenaFhitung (47,242) > dari Ftabel (2,47). Besarnya sumbangan variabel interaksi edukatif, konsep diri, kemandirian belajar dan keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 6 Padang yaitu67,3% dan sisanya 32,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Disarankan kepada siswa untuk dapat meningkatkan konsep diri, kemandirian dalam belajar, dan bagi kepala sekolah untuk dapat meningkatkan dan menambah alat-alat pembelajaran guna untuk menunjang pembelajaran. Untuk guru disarankan untuk dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan cara mempergunakan bebagai macam alat pembelajaran dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya selama proses belajar mengajar berlangsung.