Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran, siswa hanya cenderung mendengarkan saja apa yang dijelaskan oleh guru tanpa ada yang ingin bertanya ataupun menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru serta guru pun belum pernah menerapkan strategi dalam proses pembelajaran. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Untuk memperoleh hasil belajar siswa yang optimal maka perlu diterapkan strategi pembelajaran yang memacu keaktifan siswa dan motivasi siswa dalam belajar. Salah satu strategi pembelajaran tersebut adalah strategi active learning tipe giving question and getting answer disertai media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi active learning tipe giving question and getting answer disertai media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP N 35 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 35 Padang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling Didapatkan kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.5 sebagai kelas kontrol. Data dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil analisis data diperoleh dengan hasil belajar pada tiga ranah yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Pada ranah kognitif dilihat dari hasil belajar siswa melalui tes akhir pada kelas eksperimen 73,06 dan hasil belajar kelas kontrol 56,34 dengan harga thitung = 7,28 dan ttabel = 1,70. Hal ini berarti bahwa thitung > ttabel, dengan demikian hipotesis diterima. Sedangkan pada ranah afektif dilihat melalui tiga indikator penilaian yaitu bertanggung jawab, menghargai pendapat teman dan berkomunikasi. Hasil analisis diperoleh pada kelas eksperimen yaitu 3,4 dengan predikat B dan pada kelas kontrol yaitu 3,3 dengan predikat B. Pada ranah psikomotor juga dilihat dari tiga indicator penilaian yaitu kelengkapan, isi dan penulisan. Hasil analisis diperoleh pada kelas eksperimen yaitu 3,5 dengan predikat A-dan pada kelas kontrol yaitu 3,65 dengan predikat A-. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi active learning tipe giving question and getting answer disertai media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP N 35 Padang.