Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata ulangan harian siswa masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 76 pada materi sistem pernapasan pada manusia kelas VIII semester 1 SMP Muhammadiyah 6 Padang. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya dalam proses pembelajaran masih terpusat pada guru, guru cenderung menggunakan metode diskusi dan tanya jawab dan media pembelajaran yang digunakan juga kurang menarik seperti LKS dan buku paket, sehingga kondisi dalam proses belajar mengajar masih sangat pasif sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Upaya mengatasi permasalahan tersebut penulis menerapankan model pembelajaran Think-Pair-Share disertai media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Think-Pair-Share disertai media gambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian desain penelitian Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang Tahun Pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling sehingga didapatkan kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan VIII.4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada ranah kognitif yaitu soal yang diberikan melalui tes tertulis dengan bentuk objektif sebanyak 35 butir soal pada tes akhir. Ranah afektif dan psikomotor digunakan lembar observasi sikap dan keterampilan. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf korelasi kepercayaan 95% (α= 0,05). Berdasarkan analisis hasil tes akhir diperoleh nilai rata-rata siswa kelas eksperimen adalah 78.32 dan rata-rata kelas kontrol adalah 71.14. Hasil analisis uji hipotesis diperoleh thitung 1,83 > ttabel 1,68 yang berarti hipotesis dalam penelitian ini diterima. Pada ranah afektif kelas eksperimen diperoleh nilai modus keseluruhan 2,87 dengan predikat (B) dan nilai modus keseluruhan kelas kontrol yaitu 2,77 dengan predikat (B-). Untuk ranah psikomotor kelas eksperimen diperoleh nilai capaian optimum yaitu 3,00 dengan predikat (B) dan capaian optimum kelas kontrol yaitu 2,79 dengan predikat (B). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) disertai media gambar dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang.