Pengaruh Pengelolaan Kelas, Penggunaan Media Pembelajaran, dan Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat
Main Author: | Eka, Rahmat |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2450/4/11090223%20EKA%20RAHMAT%20Error.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2450/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2450/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2450/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2450/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, 1) pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa, 2) pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa, 3) pengaruh cara belajar terhadap hasil belajar, 4) pengaruh pengelolaan kelas, penggunaan media pembelajaran, dan cara belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS. Sampel berjumlah 99 siswa dengan teknik pengambilan proporsional random sampling. Teknik analisis data regresi linear berganda, analisis deskriptif dan analisis induktif dengan bantuan program SPSS versi 16.0 dan Eviews versi 6. waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama pengelolaan kelas berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, nilai koefisien regresi sebesar 0,637. Dimana nilai thitung sebesar 3,378 dan ttabel sebesar 1,984. Artinya jika pengelolaan kelas meningkat sebesar satu satuannya maka hasil belajar akan meninggkat sebesar 0,637 untuk setiap satunnya. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 3,378 > ttabel sebesar 1,984. Kedua penggunaan media pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, nilai koefisien regresi sebesar 0,901. Dimana nilai thitung sebesar 4,099 dan ttabel sebesar 1,984. Artinya jika penggunaan media pembelajaran meninggkat sebesar satu satuannya maka hasil belajar meningkat sebesar 0,901 untuk setiap satuannya. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 4,099 > ttabel sebesar 1,984. Ketiga cara belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, nilai koefisien regresi sebesar 0,562. Dimana nilai thitung sebesar 3,544 dan ttabel sebesar 1,984. Artinya jika nilai cara belajar meningkat sebesar satu satuannya maka hasil belajar meninggkat sebesar 0,562 untuk setiap satunnya. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 3,544 > ttabel sebesar 1,984. Keempat pengelolaan kelas, penggunaan media pembelajaran, dan cara belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Dimana diperoleh nilai Fhitung 145,195 > Ftabel 2,70. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis menyarankan, disarankan kepada guru agar mampu mengelola kelas dengan baik, jika pengelolaan kelas kurang diterapkan dalam proses belajar mengajar, dapat mengakibatkan kericuhan, terhadap siswa yang akan melangsungkan proses belajar mengajar dan guru hendaknya harus lebih meningkatkan penggunaan media pembelajaran, dengan adanya penggunaan media pembelajaran maka siswa dapat menangkap suatu pelajaran yang diberikan guru disaat pelaksaan belajar mengajar. begitu juga guru hendaknya menerapkan cara belajar yang teratur dan disiplin kepada siswa, agar siswa memiliki kemauan untuk mengerjakan soal- soal latihan, dan melakukan keterampilan dengan berlatih mandiri dalam mengulangi materi pelajaran yang telah diberikan oleh guru baik secara teori dan praktek disekolah. Sehingga hasil belajar yang baik juga diperoleh oleh cara belajar yang baik pula.