Students’ Perception On Classroom Group Discussion In English Class at Senior High School 1 Batang Kapas
Main Author: | Seprida, Nofrita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2443/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2443/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2443/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2443/4/12040301%20SEPRIDA%20NOFRITA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2443/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menemukan informasi tentang persepsi siswa terhadap penggunaan diskusi kelompok di dalam kelas bahasa Inggris. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, partisipannya adalah siswa kelas XI IPA2,IPA3,IPA4 di SMA N 1 Batang Kapas sebanyak 94 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Hasil penelitian berdasarkan angket yaitu persepsi siswa dalam penggunaan diskusi kelompok yang dikategorikan berdasarkan 7 karakteristik yang ada. Diantaranya adalah agreement on group goals, goal orientation interaction, agreement on procedures, cooperative and friendly atmosphere, use of effecive communication, equitable distribution of participant, dan leadership. Dari tujuh indikator tersebut peneliti menemukan rata-rata dari 94 siswa, lebih dari 47 siswa/setengah dari 94 siswa memiliki pandangan yang baik (Positive perception) terhadap diskusi kelompok di dalam kelas bahasa Inggris, ada juga yang berpandangan negatif (Negative perceptions) tapi itu hanya 40 siswa kebawah dari 94 jumlah siswa yang ada. Berdasarkan hasil yang diperoleh peneliti merangkum bahwa diskusi kelompok merupakan suatu cara yang melibatkan sekelompok orang dalam interaksi tatap muka, dimana setiap anggota kelompok akan mendapatkan kesempatan untuk menyumbangkan pikiran masing-masing serta berbagi pengalaman atau informasi guna pemecahan masalah atau pengambilan keputusan. Dalam diskusi kelompok anggota kelompok menunjuk pimpinan (Moderator) untuk menentukan tujuan, dan agenda yang harus ditaati. Jadi melalui kegiatan ini juga membuat siswa lebih aktif.