Student’s Level of Argument in Writing Analytical Exposition Text
Main Author: | Mira, Junita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2439/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2439/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2439/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2439/4/12040272%20-%20MIRA%20JUNITA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2439/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui level siswa dalam menulis sebuah argumen dalam teks analitikal eksposisi. Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis level siswa dalam menulis argumen berdasarkan teori Kolby dan Thomburg. Ada enam level sebuah argumen yaitu : outstanding, strong, adequate, limited, flawed and deficient. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sumber data penelitian adalah hasil tulisan siswa mengenai teks analitikal eksposisi yang ditulis oleh siswa kelas sebelas. Dalam pengambilan data, peneliti mengumpulkan latihan yang ditulis oleh siswa dari satu kelas sebanyak 28 tulisan. Kemudian peneliti menganalisis teks tersebut berdasarkan teori Kolby and Thomburg. Dari data yang diperoleh setelah peneliti melakukan analisis diketahui bahwa level siswa dalam menulis sebuah argumen adalah strong, adequate, limited, flawed dan deficient. Level argumen ini ditentukan oleh cara siswa dalam pengembangan ide dan memperkuat ide tersebut dengan memaparkan fakta yang berkaitan dengan isu. Kemampuan siswa memperkuat isu akan mempengaruhi penggunaan kata penghubung untuk menentukan element-element dari sebuah argumen tersebut. Selain itu, pemilihan kata juga menjadi patokan dalam melihat level sebuah argument. Oleh karena itu, peneliti memperoleh satu buah tulisan di level strong, lima belas di level adequate, tiga pada limited, tiga pula pada flawed dan enam tulisan pada level deficient.