Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru bahasa Inggris di SMP N 1 Pulau Punjung menanggapi kenakalan siswa didalam kelas. Penelitian ini menggunakan metode observasi checklist, fieldnote, dan perekam video. Populasi penelitian ini adalah 2 guru bahasa Inggris yang mengajar kelas 2 di SMP N 1 Pulau Punjung. Peneliti menacari bagaimana tanggapan 2 guru bahasa Inggris yang mengajar dikelas 2 dalam menanggapi kenakalan siswa aktif dan kenakalan siswa pasif. Didalam penelitian ini tanggapan diklasifikasikan dalam tanggapan serius dan tanggapan kecil, didapat dari guru 1 dan guru 2 dalam menanggapi kenakalan siswa berbentuk kenakalan aktif kedua guru pada umumnya menggunakan tanggapan serius untuk menanggapinya, guru 1 dan guru 2 menggunakan tanggapan kecil untuk menanggapi kenakalan aktif hanya 1 kali. Untuk kenakalan pasif, didapat pada umumnya guru 1 menggunakan tanggapan serius, guru menggunakan tanggapan kecil hanya 1 kali dan didapat dari guru 2 guru menggunakan tanggapan kecil. Sehingga dapat disimpulkan guru di SMP N 1 Pulau Punjung menanggapi kenakalan siswa yang berbentuk kenakalan aktif dengan tanggapan serius dan untuk kenakalan pasif guru menggunkan tanggapan yang berbeda guru 1 pada umunya menggunakan tanggapan serius dan guru 2 menggunakan tanggapan kecil dalam menanggapi kenakaln pasif.