Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya penemuan bahwa guru di dalam kelas menutup pembelajaran dengan berbagai cara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tipe apa saja yang digunakan oleh guru dalam menutup pelajaran dalam proses belajar mengajar khususnya dalam pelajaran bahasa Inggris di SMA N 2 Solok Selatan. Adapun jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif (descriptive research). Dalam menemukan pengambilan sampel dalam peneitian ini, peneliti menggunakan total sampling. Ada 4 guru bahasa Inggris yang mengajar di SMA N 2 Solok Selatan. Namun, karena tidak bersedianya salah satu sampel untuk diteliti, sehingga hanya tiga orang guru yang diteliti oleh peneliti. Selanjutnya, pada proses pengumpulan data peneliti menggunakan instruments (observation checklist dan field note) dan video recording. Hasil pengamatan tersebut untuk mendeskripsikan tipe- tipe apa saja yang digunakan oleh guru dalam menutup pembelajaran bahasa inggris. Berdasarkan hasil dari data penelitian yang dilakukan oleh peneliti, ditemukan bahwa guru menggunakan beberapa tipe dalam menutup pelajaran bahasa inggris. Semua guru menggunakan semua tipe yang ada berdasarkan indikator yang dimiliki peneliti.namun, tidak semua tipe digunakan dalam satu kali pertemuan. Tipe yang digunakan oleh guru dalam menutup pelajaran yaitu perceptual closure, factual closure, social closure and motivational closure.