Daftar Isi:
  • Penelitian ini di latarbelakangi oleh response yang digunakan guru dalam tugas menulis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan respon tertulis guru dalam tulisan siswa di SMA N 11 Padang dengan menerapkan penelitian kualitatif. Dalam mengumpulkan data, peneliti mendatangi guru bahasa Inggris di kelas X dengan mengumpulkan latihan siswa lalu melakukan wawancara kepada guru tersebut dengan menggunakan alat rekaman. Jumlah dokumen yang dikumpulkan sebanyak 27 dokumen siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Setelah mengetahui respon yang digunakan oleh guru dalam tulisan siswa, peneliti menganalisis tipe-tipe yang digunakan oleh guru dalam merespon tulisan siswa. Dalam merespon tugas siswa ada 11 tipe yaitu: praise, criticism, imperative, advice, question, mechanics, question mark (“?”) evaluation, instructional, answer, attention. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa guru 1 di SMA Negeri 11 Padang menggunakan 6 tipe reponse yaitu; praise response, mechanics response, question mark (?) response, evaluation response, answer response, attention response. Guru 2 di SMA N 11 Padang menggunakan 6 tipe reponse yaitu; praise response, mechanics response, question mark (?) response, evaluation response, answer response, attention response. Dan guru 3 menggunakan 4 tipe response yaitu; praise response, mechanics response, question mark (?) response, answer response. Peneliti menyimpulkan bahwa guru kelas X di SMA Negeri 11 Padang menggunakan 6 tipe respon dari 11 tipe yang ada di dalam teori.