Daftar Isi:
  • Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memotivasi dan mengurangi motivasi guru Bahasa Inggris dalam proses belajar mengajar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru bahasa Inggris yang mengajar di SMPN 1 Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan technique purposive sampling yaitu mengambil seluruh guru Bahasa Inggris yang PNS berjumlah 4 orang sebagai responden. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan questionnaire dan melakukan interview dengan para partisipan. Dari hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa ada 4 faktor yang menambah motivasi guru dalam mengajar dan 4 faktor yang mengurangi motivasi guru dalam mengajar. Faktor-faktor tersebut, baik yang memotivasi dan mengurangi motivasi, datang dari guru itu sisa, dari teman sejawat, dari masyarakat, dan juga dari perangkat kurikulum. Jadi, dari hasil penelitian di atas peneliti dapat menyimpulkan bahwa motivasi yang dimiliki seorang guru tidak bisa dikendalikan oleh dirinya sendiri tapi dapat juga dipengaruhi oleh beberapa hal yang mengakibatkan motivasi itu bertambah atau berkurang.