Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat tipe-tipe penguatan dan tipe penguatan yang paling banyak digunakan guru dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Partisipan dari penelitian ini adalah empat orang guru Bahasa Inggris SMPN 1 Batang Anai. Data dikumpulkan melalui pengamatan dengan merekam proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru. Pengamatan dilakukan dengan observation checklist, fieldnote dan juga video recorder. Ada dua tipe penguatan menurut teori Mangal and Uma tahun 2009 yaitu penguatan positif dan negatif. Penguatan positif dan negatif mempunyai dua kategori yaitu verbal dan non verbal dalam proses belajar mengajar. Penguatan positif verbal yang digunakan oleh guru adalah kata-kata pujian seperti; bagus, sangat bagus, benar dan pengulangan respon yang diberikan siswa. Sementara, penguatan positif non verbal adalah tindakan atau gerakan seperti; menganggukkan kepala, mengangkat jempol dan senyum. Sedangkan penguatan negatif verbal yang digunakan oleh guru seperti no, dan penguatan negatif non verbal adalah tindakan atau gerakan seperti; mengerutkan kening saat memberi respon kepada siswa.