Profil Perencanaan Karir Peserta Didik yang Menjadi Pengurus OSIS di SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman
Main Author: | Hasan, Basri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2425/4/12060240%20HASAN%20BASRI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2425/3/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2425/1/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2425/2/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2425/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang peneliti temukan di lapangan, yaitu adanya peserta didik yang menjadi pengurus OSIS yang masih bingung dalam merencanakan karir kedepannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Profil perencanaan karir peserta didik yang menjadi pengurus OSIS dilihat dari aspek penilaian diri 2) Profil perencanaan karir peserta didik yang menjadi pengurus OSIS dilihat dari aspek mengidentifikasi tujuan karir 3) Profil perencanaan karir peserta didik yang menjadi pengurus OSIS dilihat dari aspek aktivitas-aktivitas pengembangan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang menjadi pengurus OSIS di SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis yang berjumlah 26 orang, untuk pengambilan sampel digunakan teknik total sampling dengan menggunakan data interval dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan skunder. Instrumen penelitian ini adalah angket dan data diolah dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Profil perencanaan karir peserta didik yang menjadi pengurus OSIS dilihat dari aspek penilaian diri berada pada kategori baik 2) Profil perencanaan karir peserta didik yang menjadi pengurus OSIS dilihat dari aspek mengidentifikasi tujuan karirberada pada kategori baik, 3) Profil perencanaan karir peserta didik yang menjadi pengurus OSIS dilihat dari aspek aktivitas-aktivitas pengembangan berada pada kategori baik. Berdasarkan temuan penelitian ini direkomendasikan kepada peserta didik agar dalam merencanakan karir harus mampu mengidentifikasi tujuan karir dan membuat keputusan karir baik jangka pendek maupun jangka panjang.