An Analysis Of Questions In Teachers’ Talk In Teaching English at SMP N 1 Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tipe-tipe pertanyaan guru saat guru berbicara ketika mengajar bahasa inggris dan tipe pertanyaan yang sering digunakan oleh guru ketika mengajar bahasa inggris. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dimana partisipannya adalah tiga orang guru bahasa Inggris yang mengajar di SMP N 1 Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan observation checklist, field note, dan video recorder. Observation checklist tersebut dirumuskan berdasarkan indikator dari tipe-tipe pertanyaan guru yang dikombinasikan menjadi procedural, convergent, empirical, divergent dan evaluative. Ketika peneliti melakukan observasi dengan menggunakan checklist dan catatan, peneliti mengamati semua pertanyaan yang diberikan guru dan menceklis sesuai dengan indikator dari tipe pertanyaan guru dan mencatat hal-hal yang dirasa perlu, sehingga peneliti mendapatkan data apa type pertanyaan guru dan type pertanyaan yang sering muncul ketika mereka mengajar bahasa Inggris. Observasi juga didukung dengan media video bertujuan untuk membantu peneliti dalam pengolahan data. Hasil dari analisa data peneliti menemukan bahwa tidak semua guru yang diteliti menggunakan semua tipe pertanyaan tersebut. Dua orang guru menggunakan semua tipe pertanyaan yaitu procedural, convergent, empirical, divergent dan evaluative. Satu orang guru menggunakan dua dari lima tipe pertanyaan yaitu pprocedural dan convergent. Kemudian, diantara semua tipe pertanyaan, tipe convergent adalah tipe yang sering digunakan oleh guru saat mengajar bahasa inggris.