Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMAN 1 Lembang Jaya Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok
Main Author: | Rina, Yulia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2421/4/12030081%20RINA%20YULIA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2421/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2421/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2421/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2421/ |
Daftar Isi:
- Dalam pendidikan dibutuhkan sebuah kurikulum untuk mengatur dan memberikan arahan serta petunjuk sebagai acuan untuk menjalankan ataupun melakukan kegiatan proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membahas tentang Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMAN 1 Lembang Jaya Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok dilihat dari segi: 1) fasilitas belajar, 2) motivasi belajar siswa, 3) minat belajar siswa. Penelitian ini tergolong pada penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI dengan jurusan IPS di SMAN 1 Lembang Jaya. Sampel responden diambil dengan teknik total sampling dengan sampel responden berjumlah 40 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif penerapan kurikulum 2013 ditinjau dari segi fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMAN I Lembang Jaya, dengan nilai thitung sebesar 3,131 dengan signifikansi 0,003. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif penerapan kurikulum 2013 ditinjau dari segi motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMAN I Lembang Jaya, dengan nilai thitung sebesar 2,790 dengan signifikansi 0,008. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif penerapan kurikulum 2013 ditinjau dari segi minat belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMAN I Lembang Jaya, dengan nilai t sebesar 3,030 dengan signifikansi 0,005. 4) Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif pengaruh penerapan kurikulum 2013 ditinjau dari segi fasilitas belajar, motivasi belajar dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMAN 1 Lembang Jaya, dengan nilai F sebesar 18,660 dan sig sebesar 0,000 dan nilai F sebesar 3,127 maka diketahui nilai F (18,660) > dari F (3,127) dan sig (0,000) < dari alpha (0,01). Artinya Ho ditolak dan Ha diterima.