Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh kreativitas belajar terhadap motivasi belajar IPS Terpadu kelas VIII SMP N1 Sipora, 2) pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar IPS Terpadu kelas VIII SMP N1 Sipora, 3) pengaruh kreativitas belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu kelas VIII SMP N 1 Sipora, 4) Pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar IPS Terpadu kelas VIII SMP N 1 Sipora, 5) pengaruh motivasi belajar terhadap hasilbelajar IPS Terpadu kelas VIII SMP N 1 Sipora. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif pendekatan kuantitatif. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP N 1 Sipora yang berjumlah sebanyak 174 orang. Teknik pengambilan sampel dengan Proportional Random Sampling sebanyak 122 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis jalur, dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kreativitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Sipora terlihat dari nilai thitung 9,531 > ttabel sebesar 1,980 dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,517. 2) Lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Sipora terlihat dari nilai thitung 8,754 > ttabel 1,980 dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,475. 3) Kreativitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Sipora terlihat dari nilai thitung, 5,687 > ttabel sebesar 1,980 dengan nilai koefisisen jalur sebesar 0,380. 4) Lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Sipora terlihat dari nilai thitung 4,928 > ttabel 1,980 dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,318. 5) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Sipora terlihat dari nilai thitung 3,575 > ttabel 1,980 dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,304. Berdasarkan hasil penelitian ini,maka disarankan kepada siswa, orang tua untuk lebih memperhatikan lagi kreativitas belajar, lingkungan keluarga dan motivasi dalam belajar siswa untuk lebih mengoptimalkan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP N 1 Sipora.