Pengaruh Pendapatan Orang Tua, Lingkungan Sosial Sekolah dan Potensi Diri Terhadap Minat siswa Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII IPS SMA AL ISTIQAMAH Kab. Pasaman Barat

Main Author: Armelia, Armelia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2409/4/12090100%20ARMELIA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2409/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2409/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2409/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2409/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh pendapatan orang tua terhadap potensi diri. 2) Pengaruh lingkungan sosial sekolah terhadap potensi diri.3) Pengaruh pendapatan orang tua terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi. 4) Pengaruh lingkungan sekolah terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi. 5) Pengaruh potensi diri terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Jenis Penelitian ini bersifat kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA Al Istiqamah Kab. Pasaman Barat. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah Proporsional Random Sampling yaitu berjumlah 82 orang. Jenis data adalah data primer (yakni penyebar angket) dan data sekunder. Teknik analisis data adalah analisis Jalur. Hasil penelitiaan ini menunjukan : 1) Pendapatan orang tua berpengaruh signifikan terhadap potensi diri. Koefisien jalur pendapatan orang tua sebesar 0,344 dengan nilai thitung sebesar 2,431 > dan tTabel (1,989), berarti bahwa semakin tinggi pendapatan orang tua maka potensi diri siswa akan semakin meningkat, 2) lingkungan sosial sekolah berpengaruh signifikan terhadap potensi diri. Koefisien jalur pendapatan orang tua sebesar 0,300 dengan nilai thitung sebesar 3,946 > dan tTabel (1,989), berarti bahwa semakin baik lingkungan sosial sekolah maka potensi diri akan semakin meningkat, 3) Pendapatan orang tua berpengaruh signifikan terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Koefisien jalur pendapatan orang tua sebesar 0,739 dengan nilai thitung sebesar 4,817 > dan tTabel (1,989), berarti bahwa semakin tinggi pendapatan orang tua maka minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi akan semakin meningkat, 4) Lingkungan sosial sekolah berpengaruh signifikan terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Koefisien jalur lingkungan sosial sekolah sebesar 0,485 dengan nilai thitung sebesar 5,580 > dan tTabel (1,989), bahwa semakin baik lingkungan sosial sekolah maka minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi akan semakin meningkat, 5) Potensi diri berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Koefisien jalur potensi diri sebesar 0,458 dengan nilai thitung sebesar 3,891 > dan tTabel (1,989),berarti bahwa semakin baik potensi diri siswa maka minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi semakin meningkat. Untuk meningkatkan minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII IPS SMA Al Istiqamah Kab. Pasaman Barat maka disarankan siswa harus meningkatkan potensi yang dimiliki sehingga termotivasi dalam melanjutkan studi ke perguruan tinggi.