Daftar Isi:
  • Perilaku nakal “buli” siswa merupakan perilaku negatif dan seringkali aggresif yang dilakukan siswa secara individu maupun berkelompok yang dapat mengganggu siswa lainnya saat sedang belajar. Perilaku nakal atau buli ini biasanya seperti memukul, menendang, mengganggu saat belajar, memanggil nama julukan, menggosip, dan menyebarkan fitnah, dll. Di dalam sebuah proses pembelajaran dibutuhkan konsentrasi dan suasana kelas yang kondusif agar tujuan belajar dapat tercapai. Namun seringkali dalam proses belajar mengajar terjadi perilaku pembulian oleh siswa yang mengakibatkan tidak kondusifnya proses belajar mengajar tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis perilaku nakal “buli” siswa dan juga mengetahui perilaku nakal “buli” yang sering dilakukan oleh siswa saat proses belajar mengajar di SMP N 1 Panti, Pasaman. Selain itu, kelas VIII pada tahun ajaran 2016/2017 yang ada di SMP N 1 Panti, Pasaman berjumlah 6 ruangan kelas dengan satu guru bahasa Inggris yang sama. Dalam menentukan individu di dalam masing-masing kelas, peneliti menggunakan purposive sampling teknik. Oleh karena itu peneliti hanya memilih kelas yang individunya melakukan perilaku buli. Untuk pengambilan data, peneliti menggunakan observasi dan wawancara semistruktur. Pada saat observasi peneliti menggunakan field note dan camera digital untuk mengambil video dan photo. Dari hasil penelitian, peneliti menemukan tiga jenis perilaku nakal “buli” yang ada saat proses belajar mengajar dan jenis perilaku buruk yang paling sering dilakukan oleh siswa saat proses belajar mengajar adalah tindakan verbal.