Pengaruh Disiplin Belajar, Kesiapan Belajar, Lingkungan Keluarga dan Kreativitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Padang

Main Author: Roslaiti, Nurhairi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2404/4/12090129%20ROSLAITI%20NURHAIRI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2404/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2404/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2404/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2404/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar, kesiapan belajar, lingkungan keluarga dan kreativitas guru secara parsial dan simultan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 6 Padang yang berjumlah 128 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proposional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 97 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup, dengan metode analisis Regresi Linear Berganda. Hasil analisa data menunjukkan bahwa (1) Disiplin belajar secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 6 Padang dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,660. Nilai ini signifikan karena nilai thitung (9,396) > ttabel (1,66159) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya jika disiplin belajar meningkat sebesar satu satuan maka motivasi belajar akan meningkat sebesar 0,660 satuan; (2) Kesiapan belajar secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 6 Padang dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,437. Nilai ini signifikan karena nilai thitung (3,856) > ttabel (1,66159) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya jika kesiapan belajar meningkat sebesar satu satuan maka motivasi belajar juga akan meningkat sebesar 0,437 satuan; (3) Lingkungan keluarga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 6 Padang dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,028. Nilai ini signifikan karena nilai thitung (2,192) > ttabel (1,66159) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya jika lingkungan keluarga meningkat sebesar satu satuan maka motivasi belajar juga akan meningkat sebesar 0,028 satuan; (4) Kreativitas guru secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 6 Padang dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,274. Nilai ini signifikan karena nilai thitung (4,610) > ttabel (1,66159) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya jika kreativitas guru meningkat sebesar satu satuan maka motivasi belajar juga akan meningkat sebesar 0,274 satuan; (5) Disiplin belajar, kesiapan belajar, lingkungan keluarga dan kreativitas guru secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 6 Padang karena Fhitung (96,079) > dari Ftabel (2,70). Besarnya sumbangan variabel disiplin belajar, kesiapan belajar, lingkungan keluarga dan kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 6 Padang yaitu 80,7% dan sisanya 19,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Disarankan kepada siswa untuk dapat menyelesaikan tugas sekolah dan tugas piket tepat waktu, serta memanfaatkan fasilitas di perpustakaan. Bagi orang tua untuk dapat memberikan solusi kepada anak dalam menyelesaika masalah yang dihadapi oleh anak. Untuk guru disarankan untuk dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan cara memberikan pertanyaan saat proses belajar mengajar berlangsung.