Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru, 2) pengaruh disiplin terhadap kinerja guru, 3) pengaruh komitmen guru terhadap kinerja guru, 4) pengaruh pelatihan guru terhadap kinerja guru, 4) pengaruh kompetensi guru, disiplin guru, komitmen guru dan pelatihan guru secara simultan terhadap kinerja guru di SMP Negeri 1 Padang Gelugur Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan assosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua tenaga pendidik di SMP Negeri 1 Padang Gelugur sebanyak 54 orang guru. Pengambilan sampel ini menggunakan Total Sampling. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup. Untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru, disiplin guru, komitmen guru dan pelatihan guru terhadap kinerja guru dengan menggunakan uji t dan uji F. Hasil analisis menunjukkan Pertama Lebih besar pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru yang sudah sertifikasi dibanding guru yang belum sertifikasi dengan nilai koefisiennya pada guru yang sudah sertifikasi adalah 0,590, nilai thitung (3,522) > ttabel (2,079), sedangkan kompetensi guru tidak sertifikasi dengan nilai koefisien 0,518, nilai thitung (3,551) > ttabael (2,069). Kedua Lebih besar pengaruh disiplin guru terhadap kinerja guru yang sudah sertifikasi dibanding guru yang belum sertifikasi dengan nilai koefisiennya pada guru yang sudah sertifikasi adalah 0,540, nilai thitung (2,744) > ttabel (2,079), sedangkan disiplin guru tidak sertifikasi dengan nilai koefisien 0,421, nilai thitung (2,741) > ttabel (2,069). Ketiga Lebih besar pengaruh komitmen guru terhadap kinerja guru yang sudah sertifikasi dibanding guru yang belum sertifikasi dengan nilai koefisiennya pada guru yang sudah sertifikasi adalah 0,403, nilai thitung (2,636) > ttabel (2,079), sedangkan komitmen guru tidak sertifikasi dengan nilai koefisien 0,388, nilai thitung (2,377) > ttabel (2,069). Keempat Lebih besar pengaruh pelatihan guru guru terhadap kinerja guru yang sudah sertifikasi dibanding guru yang belum sertifikasi dengan nilai koefisiennya pada guru yang sudah sertifikasi adalah 0,360, nilai thitung (2,149) > ttabel (2,079), sedangkan pendidikan pelatihan guru tidak sertifikasi dengan nilai koefisien 0,358, nilai thitung (2,128) > ttabel (2,069). Kelima Secara stimultan kompetensi guru, disiplin guru, komitmen guru dan pelatihan guru secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai Fhitung (34,043) > Ftabel (2,79). Sisanya di pengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Disarankan kepada para guru untuk peningkatan kompetensi, serta meningkatkan kedisiplinan dalam mengajar serta mengikrarkan diri untuk mengabdikan diri kepada dunia pendidikan.