Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan melihat penerapan students centered learning dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penelitan ini adalah penelitian deskriptif, dimana partisipan penelitian ini adalah guru yang mengajar di kelas XI di SMAN 3 Solok Selatan. Sebanyak 2 orang guru menjadi partisipan dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini partisipan dipilih berdasarkan pada total sampling teknik. Selanjutnya, dalam proses pengumpulan data, peneliti melakukan observasi. Observasi dilakukan dalam proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan video, observation checklist, dan field notes. Hasil penelitian ini adalah melihat penerapan dari students centered learning yang dilakukan oleh guru. Ada 6 karakteristik yang diterapkan oleh guru yakni pembelajaran aktif, pengetahuan, partisipan yang aktif, aktifitas kelas dan tugas, lingkungan belajar, dan motivasi siswa. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menemukan bahwa guru di SMAN 3 Solok Selatan sudah menerapkan students centered learning, namun tidak seluruh sub indicator terlaksana. Sub indikator yang peneliti temukan yaitu guru membuat siswa tertarik dalam pembelajaran, guru menggunakan autentik pembelajaran, siswa dapat membawa pengalaman dalam belajar, siswa bertanggungjawab, guru menggunakan strategi dan mode dalam pembelajaran, siswa belajar dalam bentuk apapun, siswa mengerjakan tugas berdasarkan kemampuannya dan siswa bangga menampilkan hasil kerjanya.