Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh video terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dikelas sepuluh, siswa kelas X MIPA1 and X MIPA2 di SMA N 2 Sijunjung. Desain dari penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan qualitatif. Teknik pengumpulan sampel penelitian ini menngunakan purposive sampling. Instrument yang digunakan peneliti adalah angket dan observasi. Angket digunakan untuk melihat karakter siswa yang termotivasi selama proses belajar bahasa Inggris dan tujuan observasi untuk mempertegas hasil dari angket. Angket diberikan kepada 54 siswa yang berisi 22 pernyataan. Observasi digunakan untuk memperkuat hasil dari angket dan untuk melihat motivasi anak secara langsung. Berdasarkan data yang didapat melalui angket dan observasi dengan siswa yang memiliki motivasi, data secara umum menunjukkan bahwa siswa menyukai pelajaran bahasa Inggris dan hal seperti itu terlihat didalam proses belajar. 11% of the students had the highest level of focus on the view, 10% of the students had the highest level of attention, 9% 0f the students had high level of give statement to reinforce, 10% of the students had high level of psychomotor reaction, 10% of the students had high level of verbal responses, 11% of the students had the highest level of interest in learning, 10% of the students had high level of do the task intensively, 10% of the students had high level of solve the problem seriously, 10% of the students had the highest level of never give up easily and 9% of the students had high level of active in learning. Dari data yang didapat menunjukan bahwa video yang digunakan guru sebagai media berpengaruh terhadap motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris pada kelas X tahun ajaran 2016/ 2017 di SMAN 2 Sijunjung.